Wednesday 12 November 2014

Cara Mengganti Font Android dengan Mudah Khusus untuk Perangkat Android Yang Sudah di Root


Cara Mengganti Font Android dengan Mudah Khusus untuk Perangkat Android Yang Sudah di Root
Biasanya, Anda hanya akan memiliki tiga pilihan ukuran font yang berbeda pada ponsel Anda, namun, dengan aplikasi tambahan anda bisa mengganti font Android dengan cara yang sangat mudah. Pada tulisan kali ini, Paseban akan mengulas tentang bagaimana cara mengganti font Android khusus untuk anda yang saat ini memiliki perangkat Android yang telah anda root.
Catatan penting
Jika Anda memiliki hak akses root pada ponsel atau tablet Anda, maka  Anda dapat mengubah file sistem dan Anda bisa membuat perangkat Anda sesuai seperti yang anda inginkan. Jadi, berhati-hatilah ketika anda mengakses file sistem anda.
  • Informasi dalam panduan ini disediakan untuk tujuan instruksional dan tidak ada jaminan bahwa petunjuk ini akan bekerja di bawah keadaan tertentu.
  • Gunakan petunjuk ini dengan risiko anda sendiri. Paseban tidak akan  memegang tanggung jawab atau kewajiban apa pun yang terjadi pada Anda atau perangkat Anda yang timbul dari penggunaan informasi dalam panduan ini.
  • Baca dan pahami  seluruh panduan terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan instruksi.
Aplikasi pengubah font untuk perangkat root
Cara mengganti font Android root dengan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi pengubah font yang mendukung penggunaan pada perangkat yang telah root. Ada beberapa aplikasi tersebut yang tersedia pada Google Play Store. Kebanyakan dari mereka juga menawarkan fungsi preview yang memungkinkan Anda melihat bagaimana font terlihat sebelum anda mengaplikasikannya.
Dalam ulasan ini, Paseban akan mengulas tentang dua aplikasi pengubah font yang senilai untuk anda gunakan, yakni Font Installer dan iFont.
Untuk ponsel yang root, Font Installer, adalah aplikasi gratis yang paling dikenal  untuk mengubah sistem font. Aplikasi ini  memiliki fitur pratinjau font secara built-in, jadi ketika anda menggulir ke atas dan ke bawah daftar font anda, anda tahu persis bagaimana font ini terlihat ketika diaktifkan pada perangkat anda.
Ini adalah sebuah aplikasi yang didukung iklan. Iklan muncul di bagian bawah. Anda bisa menghapus iklan dengan cara membeli versi lisensi dari aplikasi ini.
Untuk menginstal file font TTF yang telah Anda simpan ke perangkat Anda, lakukan hal berikut:
  1. Salin TTF font file ke dalam perangkat anda ke dalam direktori /sdcard.
  2. Jalankan  Font Installer.
  3. Sebelum mengacak-acak sistem font anda, backup font default anda terlebih dahulu. Ketuk tombol Menu dan pilih Backup / Restore. Pilih Backup. Jika Superuser atau SuperSU meminta izin, maka berikan akses kepadanya.
  4. Tekan pada tab Local untuk membuka explorer direktori. Cari file TTF Anda.
  5. Tekan pada file TTF yang ingin Anda gunakan. Dari dialog popup, tekan Install untuk mengaturnya sebagai font default sistem. (Jika Anda ingin melihat font yang pertama, tekanPreview.)
  6. Jika Superuser atau SuperSU meminta izin, maka berikan izin Anda.
  7. Font Installer akan meminta Anda untuk reboot perangkat Anda. Sentuh Yes
Untuk menginstal font baru dari koleksi font Online dari Font Installer, lakukan hal berikut:
  1. Buka tab Server di aplikasi Font Installer untuk melihat katalog font.
  2. Tekan nama font yang Anda ingin gunakan.
  3. Dari dialog popup, tekan Preview jika Anda ingin melihat contoh teks yang diberikan dalam font yang anda pilih, atau, tekan Install jika Anda ingin men-download font dan mengaturnya sebagai sistem font Anda.
  4. Jika muncul peringatan backup / pemberitahuan, pastikan Anda membiarkan aplikasi ini melakukan backup file font anda. Ini tidak memakan waktu yang lama.
  5. Izinkan aplikasi ini untuk melakukan reboot ponsel anda.
Tidak seperti Font Installer, aplikasi iFont dapat bekerja pada sebagian besar perangkat Samsung bahkan jika mereka non-root. Tapi, untuk dapat menggunakannya pada perangkat non-Samsung, Anda akan memerlukan akses root, dan anda juga dapat menggunakannya pada perangkat Samsung yang sudah rooted juga.
Untuk men-download, menginstal, dan menggunakan font kustom, gunakan tab Online dengan cara sebagai berikut:
  1. Tekan font yang ingin anda instal.
  2. Tekan tombol Download.
  3. Tekan tombol Set.
  4. Jika Anda mendapatkan prompt tentang pengaturan mode untuk System Mode, maka klik OK.
  5. Perangkat Anda akan reboot untuk menerapkan font baru.
Jika Anda ingin menggunakan file TrueType (TTF) lokal, maka anda hanya tinggal menyalin file TTF ke direktori /sdcard/ifont/Custom pada perangkat Anda. Kemudian, lakukan hal berikut:
  1. Pada layar utama iFont, tekan tombol Menu (tiga titik di sudut kanan atas)
  2. Ketuk Settings > Change Font Mode. Jika Anda menggunakan perangkat root, pada  perangkat non-Samsung, pilih System Mode. Jika menggunakan perangkat Samsung root,pilih Samsung Mode.
  3. Pergi ke tab Custom pada aplikasi ini.
  4. Tekan pada font yang ingin Anda gunakan.
  5. Tekan tombol Set.
  6. Jika diminta apakah anda akan mengubah font, tekan OK.
  7. Jika Anda mendapatkan prompt tentang pengaturan mode untuk System Mode, maka tekan tombol OK.
  8. Perangkat Andakan menerapkan font baru dengan segera atau lakukan reboot untuk menerapkan font baru.
Font apa yang anda terapkan pada perangkat Android root anda saat ini? Pernahkah Anda berubah ke sesuatu yang lain? Jika demikian, apakah Anda menggunakan salah satu metode yang dibahas dalam panduan ini? Jika tidak, bagaimana Anda mengubah font sistem Anda? Ceritakan pengalaman anda dalam kolom komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment